PENGERTIAN SURAT MASUK DAN KELUAR
Pengertian Surat Masuk dan Keluar
Surat masuk adalah surat-surat yang diterima oleh suatu organisasi/perusahaan yang berasal dari seseorang atau dari suatu organisasi.Surat keluar adalah surat-surat yang dikeluarkan/dibuat suatu organisasi/perusahaan untuk dikirimkan kepada pihak lain, baik perseorangan maupun kelompok.
Setiap kantor setiap harinya akan menangani surat-surat. Mungkin satu hari ada 1 surat, 2 surat, bahkan ratusan surat. Jumlah yang banyak tersebut jika tidak ditangani dengan baik tentunya akan dapat merugikan banyak pihak, khususnya bagi kantor yang bersangkutan.
Kerugian-kerugian tersebut antara lain:
- Surat dan informasinya bisa hilang
- Kantor menjadi tidak rapi karena banyak tumpukan kertas yang tidak tertata
- Surat sulit ditemukan jika dicari karena letaknya tidak disusun dengan teratur
Manfaat yang diperoleh jika ditangani dengan baik:
- Surat akan tercatat dengan baik
- Prosedur penanganan surat jelas
- Surat akan tersimpan baik sehingga mudah untuk ditemukan
- Rahasia akan terjaga
Pola Kegiatan Administrasi
Dalam penyelenggaraan administrasi, ada dua pola yang digunakan:- Pola sentralisasi
- Pola desentralisasi
Sejarah surat masuk dan keluar
BalasHapus